Senin, 20 Februari 2017
Jl. Alianyang No. 7B, Pontianak, Kalimantan Barat
Telp : (0561)748134 / Fax (0561) 766980
Email : blh.pontianak@gmail.com

KUNJUNGAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP KE SURABAYA

Kamis, 12 Mei 2016



Surabaya, 20 Nopember 2014. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. hari ini melakukan Kunjungan Kerja ke Surabaya dalam rangka menghadiri Konferensi dan Seminar Nasional Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan (BKPSL) se-Indonesia. BKPSL se-Indonesia setiap 2 tahun sekali menyelenggarakan Konferensi dan Seminar Nasional Pusat Studi Lingkungan (PSL). Konferensi Nasional BKPSL tahun 2014 diselenggarakan di Surabaya tanggal 19 – 20 Nopember 2014 dengan tema “Pemantapan UUPPLH dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan pada Era Otonomi Daerah”, dan sebagai penyelenggara adalah Pusat Studi Permukiman dan Lingkungan Hidup LPPM ITS. Konferensi dan Seminar Nasional diikuti oleh PSL dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia, Akademisi, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Organisasi penggiat lingkungan hidup, Praktisi dan Profesional di bidang lingkungan hidup, serta Pelaku Usaha.



Menteri LH dan Kehutanan dalam Sambutannya menyampaikan “BKPSL diharapkan dapat memberikan masukan dan pertimbangan dalam bingkai akademis dan praktis kepada Pemerintah maupun berperanserta secara aktif dalam setiap aktivitas dalam tatanan operasional guna menjamin keseimbangan lingkungan hidup dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Dengan kemampuan akademik yang tinggi serta pendekatan teknolgi, maka diharapkan kualitas lingkungan hidup terkini memberikan trend perkembangannya yang lebih baik.”



Tantangan yang dihadapi antara lain : (a) tantangan mewujudkan ketahanan lingkungan, konservasi dan preservasi kawasan lindung, pengendalian pencemaran lingkungan, mitigasi terhadap perubahan iklim, perlindungan ekosistem pesisir, dan lainnya; serta (b) tantangan upaya mewujudkan pengurangan ketergantungan pada Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berasal dari fosil (fossil fuel) dan peningkatan konsumsinya yang berdampak peningkatan emisi CO2 yang tidak terkendali serta konflik kepentingan pengelolaan sumberdaya alam. Persoalan laten lainnya adalah lemahnya penegakan hukum khususnya dalam mengatasi masalah menurunnya kualitas lingkungan hidup di Indonesia.




  

Berita Lainnya